SMA NEGERI 6 SELAYAR

Jalan Pelajar No.1 Bonerate, Kecamatan Pasimarannu Provinsi Sulawesi Selatan Kode Pos 92862

Telp. 081342491077

» Pelajaran
Senin, 01 Jun 2020 - 19:16:31 Wib Mengenal Jurusan IPS dan Jurusan IPA di SMA Kategori : Umum - jurusan IPS dan IPA - Dibaca: 86 kali Oleh : Administrator

Setelah tamat SMP (Sekolah Menengah Pertama), bagi siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikannya di SMA(Sekolah Menengah Atas) maka diperhadapkan oleh beberapa pilihan jurusan yang wajib diplih. Tapi artikel ini hanya membahas 2 pilihan jurusan saja yakni jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).  Di bawah ini dipaparkan tentang jurusan IPS dan Jurusan IPA, termasuk kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

JURUSAN IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) adalah salah satu ilmu yang mempelajari tentang bagaiman interaksi antara sesama manusia, interaksi manusia dengan lingkungannya, serta berbagai macam aspek-aspek sosial, ekonomi dan budaya lainnya. Bisa juga dikatakan bahwa jurusan IPS lebih banyak menitikberatkan pada pola prilaku, fenomena, kondisi alam sekitarnya. Adapun mata pelajaran Khusus yang dipelajarinya yakni : mata pelajaran Ekonomi, Sosiologi dan Geografi.

Kelebihan Jurusan IPS

Bagi siswa yang yang tertarik mata pelajaran yang lebih banyak menganalisis gejala atau fenomena sosial dan alam sekitarnya maka sangat cocok kamu masuk di jurusan IPS. Dengan seringnya atau banyak membaca dan mengikuti perkembangan informasi maka akan lebih mudah menyerap mata pelajaran yang ada di jurusan IPS. Mata pelajaran jurusan IPS bersifat dinamis dan tidak pasti. Karena tidak ada yang pasti bagi mata pelajaran ips, kalian yang merasa senang dan dapat berimprovisasi serta berargumen berdasarkan referensi buku yang sering dibaca. Intinya belajar di IPS harus memperbanyak membaca sebagai dasar landasan berfikir untuk menganalisis sesuatu. Selain membaca maka kemampuan berkomunikasi dalam berbagai forum juga harus dimiliki oleh seorang siswa IPS. Sebagai contoh ilustrasi misalnya 2 + 2 pasti 4, tapi bagi siswa ips jawaban tersebut bukan hanya 4, masih banyak jawaban lain yang sesuai misalnya 2 + 2 bisa saja sama dengan 3 + 1, 5-1, 2x2,  8 : 2 dan seterusnya. Disinilah seorang siswa IPS mampu menganilisis sebuah persoalan. Karena IPS bukan merupakan ilmu pasti maka dalam menyikapi persoalan mampu memberikan aneka macam solusi sebagaimana yang dicontohkan di atas. Inilah bentuk kelebihan dari jurusan IPS. Jadi kalau ada yang mengatakan bahwa IPS itu lebih banyak hafalan menurut penulis itu tidak benar. IPS yang penting banyak membaca dan sering update informasi terkini. Kelebihan lainnya yakni pelajaran khusus yang ada di ips, tidak serumit dibandingkan pada jurusan mata pelajaran IPA, sehingga para siswa masih dapat mengatur waktu antara pelajaran di sekolah dengan berbagai macam kegiatan kalian yang berada di luar lingkungan pelajaran formal di sekolah.

Kekurangan Jurusan IPS

Kekurangan jurusan IPS yakni banyaknya anggapan atau pandangan negatif bagi segelintir orang terutama orang tua siswa. Mereka beranggapan bahwa siswa IPS merupakan anak-anak yang malas, nakal, dan santai. Hal ini ada benarnya karena kalau dilihat fenomena di suatu sekolah maka jurusan IPS sering kalah bersaing dalam menyerap mata pelajaran jika dibandingkan dengan jurusan lainnya, ketidakfokusnya  pada mata pelajaran mengakibatkan timbul rasa malas yang akhirnya menimbul rasa ingin bolos sekolah. Kekurangan lain yang bisa dilihat pada sekolah yakni kurangnya minat siswa IPS, jika ada perlombaan mengenai keahlian mata pelajaran, seperti Olimpiade mata pelajaran. Hal ini mungkin terjadi karena para siswa IPS, menganggap dirinya tidak bisa melampaui kepandaian dari siswa jurusan lain. Kekurangan lainnya yakni kalah bersaingnya jurusan IPS dalam mengikuti program bebas tes pada perguruan tinggi negeri.

Mengapa memilih Juusan IPS ?

Ada beberapa alasan memilih jurusan IPS yakni :
Siswa ingin melatih kemampuannya dalam berkomunikasi
Banyaknya prospek kerja di bidang sosial kemasyarakatan
Kurangnya materi yang rumit seperti berhitung dan menghafal rumus
Pelajaran yang menyenangkan
Lebih paham isu-isu terkini
Banyak kegiatan praktek sosial
Melatih kepekaan terhadap lingkungan sosial
Ilmu yang bisa langsung diaplikasikan di kehidupan
 • Dapat mengambil peran di masyarakat

Silahkan baca juga :
6 CARA MENGATUR WAKTU BELAJAR YANG EFEKTIF UNTUK PELAJAR   
SALAH MASUK JURUSAN KULIAH? JANGAN BINGUNG, INI SOLUSINYA!

JURUSAN IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Jurusan IPA merupakan jurusan yang mempelajari tentang gejala-gejala atau fenomena alam dengan menerapkan yang didasari pemikiran langkah-langkah ilmiah sehingga siswa lebih muda menguasai konsep dan teori alam. Adapun ruang lingkup IPA yakni  tentang makhluk hidup, energi dan  zat perubahannya,  proses materi dan sifat bumi serta alam semesta. mata pelajaran Khusus yang dipelajarinya yakni Fisika, Kimia dan Biologi.

Kelebihan Jurusan Ipa (Ilmu Pengetahuan Alam)

Pada saat tamat atau lulus SMA maka kalian yang ingin lanjut kuliah akan diperhadapkan berbagai macam jurusan pada perguruan tinggi. Kelebihan siswa IPA yakni banyaknya jurusan-jurusan yang disiapkan untuk dipilih dibandingkan dengan Siswa IPS. Bahkan seorang jurusan IPA boleh mengambil jurusan yang merupakan kuota bagi siswa-siswi jurusan IPS.
Mata pelajaran pada jurusan IPA, lebih banyak menu keterampilan atau praktek dilakukan dalam proses belajar mengajar. Sehingga akan meninmbulkan kesenangan tersendiri dan membuat suasana yang memungkinkan siswa-siswi Jurusan IPA lebih akrab dengan  teman-temannya. Suasana dilingkungan IPA sering menimbulkan suatu persaingan yang sehat dalam berprestasi. Maka secara tidak langsung akan meningkatkan kondisi dimana seorang siswa akan berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik diantara mereka. Termasuk dalam hal berlomba-lomba dalam mengikuti seleksi jika ada Olimpiade mata pelajaran tingkat SMA yang biasanya rutin diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan.
Kelebihan lainnya yakni bahwa siswa jurusan IPA, bagi kebanyakan guru termasuk orang tua adalah siswa yang rajin, tekun dan pintar.

Kekurangan Jurusan IPA

Pada mata pelajaran jurusa IPA, banyak pelajaran atau materi-materi yang sangat rumit, seperti menghafal rumus, kemampuan berhitung, dan sebagainya. Dengan kondisi tersebut bagi siswa yang mampu mengimbangi atau mampu mengikuti pelajaran, akan lebih baik bahkan menjadi sangat menyenangkan. Sebaliknya  jika ada siswa yang tidak mampu bersaing atau kurang mampu berhitung akan menjadi fatal bagi mereka bahkan tidak sedikit siswa jika mengalami hal yang demikian maka mulailah timbul kejenuhan, kemalasan yang pada akhirnya ingin pindah jurusan ke jurusan lain seperti dari jurusan IPA ke Jurusan IPS. Itulah yang menjadi kelemahan bagi siswa yang tidak mampu mengikuti tingginya tingkat persaingan dalam menyerap materi pembelajaran.

Mengapa memilih Juusan IPS ?

Ada beberapa alasan memilih jurusan IPS yakni :
Banyak pilihan jurusan saat kuliah
Melatih berpikir logis
 • Melatih kemampuan berhitung
Lebih mengenal alam
Banyak kegiatan praktikum
Bisa bereksperimen
Membangkitkan rasa ingin tahu
Dikenal sebagai siswa pintar
Sering dilibatkan dalam berbagai olimpiade ilmiah
Ilmu yang berguna bagi kehidupan

Itulah beberapa gambaran mengenai jurusan IPS dan Jurusan IPA. Pada intinya kedua jurusan tersebut sangat bermanfaat dan dibutuhkan pada kondisi dalam rangkan meningkatkan kualitas diri siswa yang nantinya mampu memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara. Kedua jurusan tersebut merupakan bagian penting dalam program peningkatan pendidikan kita. Kesimpulannya tidak ada jurusan yang tidak baik,Tergantung siswa bagaimana bisa memanfaatkan  potensi yang dipelajari dalam kedua bidang ilmu tersebut.

Silahkan baca juga :
INILAH 8 TIPS MEMILIH JURUSAN KULIAH YANG TEPAT UNTUK CALON MABA
4 KEBIJAKAN BELAJAR MERDEKA KEMENDIKBUD


© Mengenal Jurusan IPS dan Jurusan IPA di SMA
Source: https://www.mulyadiazis.com/2020/06/mengenal-jurusan-ips-dan-jurusan-ipa-di.html

Selasa, 15 Jan 2019 10:19:58 WIB
Pendidikan adalah hal yang sangat dianggap penting di dunia, karena dunia butuh akan orang-orang yang berpendidikan agar dapat membangun Negara yang maju. Tapi selain itu karakter pun sangat diutamakan karena orang-orang pada zaman ini tidak hanya melihat pada betapa tinggi pendidikan ataupun gelar yang telah ia raih, melainkan juga pada ... » Selengkapnya »
Selasa, 29 Jan 2019 10:36:33 WIB
   Penulis: Abdul Rajab, ... » Selengkapnya »
Minggu, 31 Mei 2020 21:31:56 WIB
Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan, Nomor: 188.4/961-sekret.2/DISDIK. Tentang Penetapan jumlah jam mengajar PENDIDIK NON PNS  (PNPNS) dan Jumlah jam bertugas TENAGA PENDIDIKAN NON PNS (TKNPNS) Jenjang SMAN/SMKN/SLBN semester 1 tahun anggaran 2020. Hal ini mengingat adanya perhatian dari pihak Dinas Provinsi Sulawesi ... » Selengkapnya »
Minggu, 31 Mei 2020 11:41:06 WIB
Pengertian APBDAda berbagai macam pengertian APBD dari para ahli. Namun diartikel ini hanya menggambarkan secara umum tentang pengertian APBD tersebut Yakni antara lain : APBD adalah salah satu alat kebijakan yang digunakan dalam rangka peningkatan pelayanan umum dan peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia di semua daerah. APBD merupakan ... » Selengkapnya »

0 KOMENTAR



ISI KOMENTAR